VISI
“Terwujudnya lulusan yang berkarakter, unggul dan kompetitif”
Indikator visi yang diharapkan adalah sebagai berikut :
- Unggul
- Terwujudnya lulusan yang unggul dalam bidang akademik maupun non akademik
- Terwujudnya lulusan yang mampu mengintegrasikan konsep ilmu pengetahuan dengan baik
- Terwujudnya lulusan yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan kemajuan teknologi dan informasi dengan baik dan bijaksana
- Terwujudnya lulusan yang mampu bersaing untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya
- Berkarakter
- Terwujudnya lulusan yang religius menjunjung tinggi norma-norma agama yang dianutnya dan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
- Terwujudnya lulusan yang memiliki jiwa nasionalisme yang berpegang teguh kepada 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika).
- Terwujudnya lulusan yang memiliki integritas menjaga komitmen dan kesetiaan pada nilai-nilaikemanusiaan dan moral.
- Terwujudnya lulusan yang memiliki jiwa gotong-royong dalam kehidupan di lingkungan keluarga dan lingkungan sosialnya.
- Terwujudnya lulusan yang mandiri dalam kehidupannya.
- Kompetitif
- Terwujudnya lulusan yang mampu berkomunikasi dengan baik
- Terwujudnya lulusan yang terampil di bidang olah raga dan seni
- Terwujudnya lulusan yang mampu menciptakan ide untuk menyelesaikan masalah
- Terwujudnya lulusan yang kreatif dan berjiwa wirausaha
- Terwujudnya lulusan yang mampu mengatasi permasalahan diri sendiri, memiliki kemampuan mengendalikan diri
- Terwujudnya lulusan yang mampu mengelola waktu dengan baik
- Terwujudnya lulusan yang mempunyai jiwa kepemimpinan
MISI
Misi SMAN Arjasa Jember untuk mewujudkan visi sekolah adalah sebagai berikut :
- Berkarakter
- Mewujudkan lulusan yang religius melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianut, menghargai perbedaan agama, menjunjung tinggi sikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama dan kepercayaan lain, hidup rukun dan damai dengan pemeluk agama lain, menjunjung tinggi norma-norma agama yang dianutnya dan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
- Menumbuhkan dan mengembangkan semangat kebangsaan dalam lingkungan sekolah, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan berpegang teguh kepada 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) melalui peningkatan kualitas kegiatan ekstrakurikuler.
- Mengembangkan nilai-nilai yang mendasari perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan lulusan sebagai pribadi yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, memiliki komitmen dan kesetiaan pada nilai-nilaikemanusiaan dan moral.
- Melaksanakan budaya 5S ( sapa, salam, senyum, sopan dan santun) terhadap sesama.
- Menanamkan kesadaran pada peserta didik untuk menjaga diri dari merokok, pornografi, pornoaksi, dan penyalahgunaan Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif).
- Mewujudkan sikap tanggung jawab sebagai warga negara, aktif terlibat dalam kehidupan sosial, melalui konsistensi tindakan dan perkataan yang berdasarkan kebenaran, menghargai martabat individu (terutama penyandang disabilitas), serta mampu menunjukkan keteladanan.
- Mengembangkan sikap dan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama, menjalin komunikasi dan persahabatan, memberi bantuan/pertolongan pada orang-orang yang membutuhkan.
- Membudayakan suka beramal dalam kehidupan.
- Membiasakan diri memelihara kebersihan diridan lingkungan sekolah maupun luar sekolah.
- Mendorong partisipasi aktif peserta didik dalam acara kedaerahan yang diadakan oleh pemerintah daerah dan nasional.
- Mewujudkan sikap menghargai sesama, dapat bekerja sama, mampu berkomitmen atas keputusan bersama, musyawarah mufakat, tolong-menolong, memiliki empati dan rasa solidaritas, antidiskriminasi, anti kekerasan, dan sikap kerelawanan.
- Mengembangkan sikap dan perilaku tidak bergantung pada orang lain dan mempergunakan segala tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikanharapan, mimpi dan cita-cita.
- Unggul
- Mencapai kelulusan 100% Ujian Sekolah dengan nilai rata-rata ≥ 80 dan Asesmen Kompetensi Minimaldengan hasil baik dengan mengembangkan kurikulum sekolah yang memenuhi Standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian
- Mewujudkan lulusan yang mampu bersaing dalam bidang akademis dan non akademis minimal di tingkat local (kabupaten/provinsi) dengan meningkatkan pembinaan peserta didik baik akademik maupun non akademik
- Mewujudkan lulusan yang mampu bersaing untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya dengan meningkatkan sarana prasarana yang mendukung proses pendidikan agar peserta didik dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi atau siap bekerja pada dunia kerja.
- Menyiapkan lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi negeri, Akademi TNI/POLRI, Sekolah Kedinasan dan lain-lain melalui kegiatan bimbingan
- Mempertahankan dan meningkatkan hasil akreditasi dengan nilairata-rata Amelalui peningkatan 8 SNP
- Terwujudnya lulusan yang mampu mengintegrasikan konsep ilmu pengetahuan dengan baik melalui pembelajaran menyenangkan yang mengembangkan 4C
- Terwujudnya lulusan yang mampu memanfaatkan dan mengembangkan kemajuan teknologi dan informasi dengan baik dan bijaksana melalui pembelajaran yang mengintegrasikan literasi digital
- Terwujudnya lulusan yang mampu bersaing untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya dengan pengenalan dan pengembangan penilaian berbasis HOTS
- Kompetitif
- Mewujudkan lulusan yang mampu berkomunikasi dan menggunakan Teknologi Informasi secara bijaksana dengan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi, berorganisasi, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
- Mewujudkan lulusan yang terampil di bidang olah raga dan seni dengan meningkatkan sarana prasarana yang mendukung proses pembinaan bidang olah raga dan seni
- Mewujudkan lulusan yang mampu menciptakan ide untuk menyelesaikan masalah secara cerdas dengan meningkatkan kualitas pembelajaran serta kualitas pendidik dan tenaga pendidik yang disiplin dan profesional.
- Mewujudkan lulusan yang kreatif dan berjiwa wirausaha dengan mengalokasikan pembiayaan sekolah yang cukup dan memadai sesuai standar pembiayaan dalam pengembangan kewirausahaan.
- Mewujudkan lulusan yang mampu mengatasi permasalahan diri sendiri, memiliki kemampuan mengendalikan diri dengan meningkatkan layanan bimbingan dan konseling
- Mewujudkan lulusan yang mampu mengelola waktu dengan baik melalui peningkatan keteladanan disiplin waktu dengan gerakan malu datang terlambat
- Mewujudkan lulusan yang mempunyai jiwa kepemimpinan melalui diklat kepemimpinan di kegiatan ekstrakurikuler.